Minggu, 21 April 2013

"Perpaduan Tradisional & Modern di Pagelaran Busana Wakamono no Michi"



Pagelaran busana Wakamono no Michi di Tokyo pada 9 April 2013 menampilkan koleksi busana Tokyo musim gugur dan dingin 2013/2014 di Hall utama Shibuya. Acara ini menyajikan keindahan gaya yang menggabungkan teknik tradisional Jepang dan modern.

Brand pakaian “Araisara “ yang telah menampilkan koleksi busana pertama saat musim gugur tahun lalu di Paris hadir dengan tema “Kreasi Evolusi”.  Menampilkan kain one piece yang dikombinasikan dengan teknik cetak mesin dan tangan yang digunakan bersama. Kesan futuristik tersirat melalui potongan pakaian one piece hitam yang digambarkan kedalam kain motif bunga dari pengrajn Yuzen (teknik tenun sutra dari Kyoto). Sehingga keindahan pakaian ini terasa elok dilihat.

Sang desainer, Arae Sarah mengatakan “Karya ilmiah yang berevolusi digabungkan  secara bersamaan dengan pakaian tradisonal yang hanya bisa dibuat oleh pengrajin merupakan perpaduan dua hal yang menarik.“

Koleksi kedua dari Iwate yaitu Jaket Tweed, menampilkan kesan Jepang yang lembut. Sedangkan campuran warna dan payet gliter pada mantel, one piece dan lainnya merepresentasikan  salju,“ Disini saya berusaha menampilkan kesan citra wanita dewasa yang lebih mendalam,” ujar desainernya, Horihata Yuuji.

Berikutnya datang dari  desainer spesialis kimono Jyoutaro Saito. Ia memperlihatkan kesan  kasual dengan  “gingham check” atau motif kotak. Kombinasi kimono modern dengan motif macan tutul  dan desain bunga, memamerkan kesan berbeda kota Milan dan Paris. Hal ini semakin memperlihatkan pesona daya tarik koleksi busana Tokyo.

“Saya mengadaptasi  bentuk era Heisei yang lembut. Dengan style gaya hidup masa kini, saya ingin mengusulkan kimono sebagai gaun yang elegan,” ujar Saitou

Selain itu, ada pula koleksi motif pakaian dari binatang atau “net”  dengan desain unik dari bentuk tiga dimensi tubuh jerapah dan burung. Brand pakaian "G.V.G.V." yang melakukan teknik cetak houndstooth (teknik cetak berbentuk pola gigi) tebal ini menampilkan kesan wanita dewasa yang menarik dan klasik dalam busananya.

Tidak ada komentar: