Minggu, 21 April 2013

"Menghidupkan Kembali Energi Kabuki"

 

(KAGAWA) Pertunjukan Kabuki tahun ini diselenggarakan berturut-turut di berbagai teater daerah di Jepang. Salah satunya di panggung teater Kabuki Kanamaru-Za yang terletak di Kotohira, Prefektur Kagawa  hingga tanggal 21 April.

Panggung teater Kanamaru-za sendiri merupakan gedung teater kabuki tertua di Jepang. Berdiri di zaman Edo sekitar tahun 1835 dan dibuka pada tahun 1836. Gedung teater ini disebut juga “Konpira Ooshibai “ (The Konpira Grand Theatre) karena letaknya dekat kuil Konpira. Nama Konpira sendiri adalah nama salah seorang dewa Budha bernama Khumbira.

Selain Kanamaru-za, panggung teater kecil lainnya adalah Kotohira, Yamagata, dan Toyooka. Pertunjukan ini sengaja diadakan di berbagai teater kecil agar penonton dapat menikmati lebih dekat dengan atmosfer cerita Kabuki dan para pemainnya. Dan juga diharapkan agar para penonton yang datang tidak hanya warga dari daerah sekitar panggung saja, tetapi juga dari luar daerah.

Para pemain yang berpartisipasi diantaranya adalah Bando Tamasaburo. Bagi penggemar Kabuki, nama Bando Tamasaburo bukan merupakan nama yang asing. Ia terkenal dengan perannya sebagai wanita (onnagata). Selain Bando, ada pula Ichikawa Ennosuke, yang sangat tersohor karena kostum dramatis yang dipakainya.

Sumber : halojepang.com

Tidak ada komentar: