Senin, 18 Februari 2013

"Perayaan Musim Gugur"

Musim gugur atau aki adalah musim yang ditunggu-tunggu oleh orang-orang di Jepang. Musim gugur adalah musimnya festival, dimana banyak sekali festival yang diselenggarakan di musim ini. Tak heran jika orang jepang menyebut musim gugur sebagai musim yang ditunggu-tunggu oleh mereka. Musim gugur yang jangka waktunya relatif panjang berkat bujur geografisnya yang memanjang dari utara ke selatan membuat orang-orang di Jepang bisa menikmati anugerah keindahan musim gugur ini.

 
Indahnya suasana musim gugur di Jepang

Perayaan musim gugur banyak dilakukan pada bulan Oktober, namun ada daerah yang mengedakannya pada bulan September atau November. Perayaan musim gugur merupakan perayaan tanda terima kasih atas banyaknya panen yang diperoleh. Oleh karena itu, padi dipersembahkan kepada dewa atau disebarkan di depan kuil. Banyak pula daerah yang mengeluarkan omikoshi. Omikoshi adalah kuil-kuil mini yang dipikul bersama-sama.

 
Omikoshi

Anak-anak muda memikul omikoshi seirama menapaki jalan sambil berteriak dengan suara keras, "Wasshoi!, Wasshoi!". Dalam lingkungan kuil bermacam-macam warung kecil didirikan. Anak-anak bergembira membeli dagashi (kue manis dan murah yang terbuat dari tepung terigu, padi-padian, dll) dan main di sana.

 
Suasana saat memikul omikoshi

 
Dagashi 

Bagaimana ? Sangat menarik bukan? Tentunya pasti akan membuat kita jadi ingin ke Jepang untuk menikmati indahnya suasana saat musim gugur dan perayaan-perayaan yang diselenggarakan di sana.

Semoga bermanfaat!! :)

Tidak ada komentar: