Jumat, 03 Mei 2013

"5000 Koinobori Hiasi Kota Tatebayashi Gunma"










(GUNMA) Kota tujuan wisata, Tatebayashi, Prefektur Gunma, telah dihiasi 5000 koinobori sejak 25 Maret silam, untuk memperingati hari anak (kodomo no hi) yang jatuh pada 5 Mei setiap tahunnya.

Tatebayashi menjadi salah satu kota yang populer dengan festival koinobori, sejak tercatat dalam Guinnes Book Record pada 2005, karena memecahkan rekor memasang koinobori terbanyak yakni  5283 koinobori.

Setiap tahunnya beberapa lokasi di Tatebayashi, yang dihiasi koinobori di antaranya, Sungai Tsuruuda dengan 4000 koinobori membentang sepanjang sungai, Taman Kondonuma, Taman Tsutsujigaoka, Sungai Morinji dan Tatara Marsh.

Selain itu, 300 koinobori dapat dilihat di pemandian air panas, Hananoeki Katashina "Hanasaku no Yu" hingga 11 Mei mendatang, yang merupakan donasi dari keluarga yang tinggal di daerah itu.

Tidak hanya di Prefektur Gunma, festival koinobori juga diadakan di daerah lainnya. Salah satunya di Matsusaka, Prefektur Mie. Anai Yoshiko (29) warga Jepang yang tinggal di Matsusaka mengungkapkan, “Kalau di Matsusaka, festivalnya  dirayakan dengan menghias koinobori saja, tidak ada pesta apa-apa. Namun saat festival disediakan makanan khusus yaitu kashiwamochi,” ungkapnya.
Anai menambahkan, “Sudah banyak koinobori yang dipasang, tapi di rumah-rumah yang punya anak laki-laki saja, di kota-kota maupun desa.”

Peringatan hari anak dirayakan dengan memasang koinobori, dengan harapan sang anak memiliki masa depan yang baik. Ikan mas digunakan sebagai simbol koinobori karena memiliki kekuatan untuk melawan arus sungai. Dengan demikian, diharapkan anak laki-laki dalam keluarga dapat mengatasi segala hambatan dan memiliki keberanian mencapai tujuan.

Biasanya, koinobori terdiri atas tiga atau lebih ikan dengan berbagai macam warna dan ukuran. Warna hitam dan besar disebut magoi yang melambangkan ayah, berwarna merah adalah higoi, yang pada zaman dahulu untuk mewakili putra sulung, dan untuk zaman modern melambangkan ibu. Sementara untuk yang paling kecil biasanya berwarna hijau atau biru, mewakili anak/putra.

Sumber : halojepang.com

Semoga bermanfaat !! :)

Tidak ada komentar: