Senin, 25 Februari 2013

"Mengenal Alat Musik Tradisional Jepang : Shamisen, Koto & Shakuhachi"

Tentang sejarah KOTO

KOTO adalah alat musik yang menyerupai kecapi di Indonesia, disebutkan masuk ke Jepang sejak abad ke-7. Di masa itu, KOTO dimainkan sebagai salah satu bagian musik Istana. Formasi KOTO yang dimainkan sebagai alat musik tunggal, tanpa iringan alat musik lain, menjadi populer di masyarakat sejak abad 17. Pada abad 17 lahir maestro KOTO dan pencipta “HACHIDAN”(delapan babak)”dan “MIDARE” (lagu berirama lepas) YATSUHASHI KENGYO. Ia menciptakan pakem dasar untuk SOKYOKU (lagu-lagu KOTO).

Pada dasarnya musik tradisional Jepang memiliki 5 tangga nada, kurang 2 tangga nada dibandingkan dengan musik barat yang mempunyai 7 tangga nada “do re mi fa so la si”. Namun, musik Jepang tradisional juga menyerap beragam tangga nada lainnya sehingga menghasilkan irama yang sangat berbelit. Dasar-dasar musik istana atau musik aristokrat diciptakan dengan menggunakan nada “do re mi so la” atau “re mi so la si”. Cara ini disebut “YO-ONKAI” yang memiliki nada yang relatif riang. Sedangkan YATSUHASHI KENGYO membuat “HIRAJOSHI” atau nada datar yang di dalam tangga nadanya menggunakan “mi fa la si do” yang di antaranya ada semitone sebagai nada dasar. Nada ini disebut “IN-ONKAI” yang lebih sendu dan menggugah emosi sehingga masyarakat Jepang di jaman itu kerap terharu mendengarkan nada ini. Setelah YATSUHASHI KENGYO memperkenalkan “HIRAJOSHI”, SOKYOKU sangat berkembang dan dicintai sehingga diakui sebagai musik rakyat Jepang.
 
YATSUHASHI KENGYO bisa disebut sebagai pencipta SOKYOKU dan meninggal dunia pada tahun 1685. Jika kita menengok ke negara barat, Bach, yang dikenal sebagai pencipta musik barat lahir pada tahun saat YATSUHASHI KENGYO meninggal.

Seputar alat musik KOTO

Bagian badan terbuat dari “KIRI” atau kayu paulownia yang dilubangi bagian dalamnya. KOTO memiliki 13 dawai. Karena KOTO menggunakan 5 tangga nada maka dengan 13 dawai biasanya KOTO dapat menghasilkan sekitar 2.5 oktaf. Antara bagian badan dan dawai ada “JI” sebagai penyangga dawai. Jika “JI’ digeser maka hasil suara pun berubah. Mengatur nada (tuning), yang merupakan persiapan dasar untuk permainan Koto, juga dilakukan dengan menggeser posisi “JI”. Selain “HIRAJOSHI”, ada berbagai aturan nada(tuning) yang dikembangkan dari “HIRAJOSHI”.

Dengan menggunakan tangan kiri yang menekan dan menarik dawai, tangga nada dapat berubah atau pun menghasilkan suara bernuansa vibrato. Pada awalnya dawai dibuat dari sutera, tetapi zaman sekarang dawai juga menggunakan bahan lain seperti bahan sintetis. Pemain dapat menggunakan “TSUME” atau kuku palsu untuk 3 jari di tangan kanan. Pada dasarnya KOTO dimainkan dengan menggunakan “TSUME” yang terkadang digunakan pada jari lain atau pun pada jari-jari di tangan kiri. Di dalam lagu SOKYOKU terkadang ada juga suara nyanyian.

KOTO memang dimainkan bukan untuk mengiringi nyanyian, tetapi suara nyanyian juga dianggap sebagai salah satu jenis alat musik. Dalam artian, alat musik dan suara sama-sama dianggap berperan penting untuk menghasilkan musik. Di Jepang, sejak zaman dahulu hingga saat ini KOTO sering diibaratkan sebagai “RYU” atau “Naga” sehingga bagian-bagian alat musik ini juga dinamai “RYUKAKU” (tanduk Naga), “RYUKOU” (mulut Naga), “RYUBI” (ekor Naga), dll. Di berbagai negara di Asia, naga dihormati seperti dewa dan dianggap sebagai mahluk mitos spiritual tinggi. Dengan demikian bisa dibayangkan bila KOTO juga sangat dicintai oleh masyarakat Jepang.

 
Koto

 
Seputar alat musik SHAMISEN

Orang Jepang kerap tergetar ketika melihat bentuk SHAMISEN yang sangat indah, bahkan ada yang berkata bahwa bentuk ini terinspirasi dari bentuk tubuh wanita. SHAMISEN mempunyai 3 dawai dengan ketebalan berbeda. Dawai yang paling tebal menghasilkan suara yang paling rendah dan dawai yang paling tipis menghasilkan suara yang paling tinggi.

Di antara bagian badan dan dawai ada “KOMA” untuk menghasilkan suara SHAMISEN. Waktu memainkan SHAMISEN kita harus memegang BACHI-pemetik dawai-dengan tangan kanan, dan menyapu dawai dari arah atas ke bawah atau dari arah bawah ke atas dengan ujung BACHI sehingga mengeluarkan suara. SAO yang panjang ini adalah bagian penampang kayu (fingerboard/neck) yang dipegang oleh tangan kiri. Pada bagian SAO tidak ada tanda untuk menunjukkan posisi tempat pegangan, tidak seperti gitar yang mempunyai fret. Pemain dapat menghasilkan suara SHAMISEN yang tepat dengan mengandalkan intuisi serta pendengaran yang dihasilkan dari pengalamannya. Bagian yang dipegang untuk menghasilkan suatu nada di dalam SAO ini disebut “TSUBO” atau “KANDOKORO”. Dengan tangan kiri pemain bukan hanya menekan dawai, tetapi juga menjepit dan meluncurkan jari serta menggoyangnya untuk merubah nada. Cara lain adalah dengan mengetuk dan memetiknya.

SHAMISEN terbuat dari “KOBOKU” atau ”Red Sanders” sejenis kayu yang sangat keras berasal dari India Selatan untuk menahan kuku pemain yang mencengkeram kuat. Dawai terbuat dari sutra dan “DO” (bagian badan) dibuat dari kulit binatang. Memang hampir semua alat musik tradisional Jepang seperti SHAMISEN dibuat dari bahan-bahan alami. SHAMISEN yang dimainkan menggunakan BACHI (pemetik dawai) berasal dari “SANSHIN”, alat musik tradisional daerah OKINAWA (daerah paling selatan di Jepang) yang menggunakan kulit ular. Pada abad 16 SANSHIN sudah populer di OKINAWA dan bentuk ini berkembang menjadi SHAMISEN khas Jepang yang dikenal saat ini. SHAMISEN tidak seperti KOTO yang berawal sebagai alat musik istana,yang dimainkan oleh kalangan elit. Dari awal SHAMISEN berkembang sebagai alat musik di antara kalangan rakyat biasa.

Musik SHAMISEN memiliki berbagai genre dan ada beberapa jenis alat SHAMISEN yang ukuran dan ketebalannya berbeda. Genre musik SHAMISEN yang akan dimainkan hari ini termasuk dalam kategori “JIUTA”. Ada jenis musik SHAMISEN yang berkembang sebagai pengiring atau suara efek di teater, tetapi “JIUTA” ini berkembang sebagai musik murni yang dimainkan bersama KOTO atau SHAKUHACHI, alat musik tiup tradisional Jepang. “SANKYOKU” adalah salah satu bentuk musik “ansambel” yang dimainkan menggunakan tiga alat musik tradisional Jepang yaitu SHAMISEN, KOTO dan SHAKUHACHI. Diperlukan waktu cukup lama sampai terlahir ansambel tiga alat musik ini karena masing-masing sudah dikenal masyarakat sebagai alat musik tunggal. Namun demikian, bergabungnya tiga alat musik ini, justru menghasilkan kualitas musik yang lebih kaya dan meluas.


 
Shamisen

 
Seputar alat musik SHAKUHACHI

Model SHAKUHACHI (seruling Jepang) yang dikenal masyarakat saat ini disebut “FUKESHAKUHACHI”, berasal dari zaman pertengahan era KAMAKURA. Pada zaman tersebut seorang biksu ZEN bernama Kakushin, belajar di negeri Cina dan mempelajari lagu SHAKUHACHI untuk menyampaikan ajaran FUKE, guru agama Budha aliran ZEN. Kakushin mempelajarinya dari seorang guru Cina, CHOSHIN, dan membawa pulang lagu dan alat musiknya ke Jepang. Sejak itu SHAKUHACHI digunakan sebagai alat penyebaran agama oleh biksu-biksu aliran HOTTOHA RINZAISHU, salah satu bagian dari aliran ZEN. Dari sejarah ini juga bisa diketahui bahwa semua lagu klasik SHAKUHACHI yang disebut “SHAKUHACHI KOTEN HONKYOKU (lagu klasik khusus SHAKUHACHI)” memuat ajaran agama Budha Zen. Ukuran panjang FUKE-CHAKUHACHI adalah kurang-lebih 54cm atau dalam satuan ukuran tradisional Jepang,1 SHAKU 8 SUN. Namun akhir-akhir ini ukuran panjang SHAKUHACHI bervariasi dan nada dasar ditentukan berdasarkan ukuran panjang tersebut.

 
Shakuhachi

SHAKUHACHI dibuat dari bambu, di bagian dekat akar, dengan diameter 3.5cm-4,0cm. Ada 5 lubang, 4 di bagian depan dan 1 di bagian belakang. Sisi dalam SHAKUHACHI digosok sampai halus, bahkan belakangan ini bagian dalamnya diolesi SHU-URUSHI (bahan pewarna alam berwarna merah) atau KURO-URUSHI (bahan pewarna alam yang berwarna hitam), agar menghasilkan suara yang halus dan indah. Dulu, bagian mulut SHAKUHACHI dipotong menyerong, tetapi sekarang pada bagian mulut dipasangi tanduk rusa atau kerbau supaya lebih kokoh. SHAKUHACHI merupakan seruling yang dapat menghasilkan warna suara yang bervariasi dan nada suara yang paling sensitif di antara seruling tradisional Jepang, baik seruling tiup samping (horizontal) maupun seruling tiup depan (vertikal). Oleh karena ciri khas itu SHAKUHACHI mempunyai posisi tersendiri di dalam alat musik tradisional Jepang.

Sumber : http://www.jpf.or.id/
 


 



Minggu, 24 Februari 2013

"Transformasi Anime dalam Era Kontemporer"

Anime memiliki kekuatan tersendiri yang berpengaruh dalam kehidupan sehari-hari, baik disadari maupun tidak. Faktor yang mendukung kekuatan anime tersebut adalah lingkungan kondusif Jepang yang memungkinkan pertumbuhan kualitas dan kuantitas cerita manga untuk berkembang dengan baik. Dalam lingkungan tersebut, anime tidak hanya sekedar menjadi suatu budaya pop, tetapi juga bertransformasi sebagai suatu industri bisnis yang menguntungkan.

Dari segi bisnis, anime merupakan suatu industri dengan dinamika yang bergerak dengan cepat. Baik serial anime dan manga mendapatkan tuntutan untuk dirilis setiap minggu, bahkan terkadang, untuk anime yang dianggap populer, publisher merilis film dari serial anime tersebut, untuk semakin meningkatkan popularitasnya. Kemudian, tidak hanya dalam skala nation-wide, anime yang dirilis sebagai serial mingguan atau film juga dirilis secara worldwide, baik melalui penjualan DVD maupun melalui proses download atau secara streaming online. Semakin meningkatnya kepopuleran suatu anime, secara otomatis akan semakin menguntungkan industri bisnis anime. Hal ini berakibat pada tingginya tingkat kompetisi di antara para publisher anime dan manga, setiap kreator dan publisher berkompetisi untuk menciptakan anime dengan cerita yang berkualitas, imajinatif, dan berbeda.

Sistem yang berkembang tersebut berpengaruh dalam peranan anime sebagai budaya pop Jepang dalam era kontemporer. Anime berasal dari realita sosial yang berkembang dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Jepang. Selain itu, anime juga dipergunakan sebagai media di dalam menyampaikan kritikan-kritikan sosial. Sehingga, dengan kata lain dapat dikatakan bahwa anime merupakan suatu produk realita sosial yang mencerminkan realita kehidupan sosial di Jepang pada era kontemporer. Dengan berkembang dan dinikmatinya anime secara worldwide, maka anime menjadi alat untuk mengenal kehidupan, nilai-nilai, dan kebudayaan Jepang.

 
Anime

Sebagai contoh, terdapat tiga anime yang hingga sampai saat smasih berlanjut dan juga sangat populer dan digemari baik oleh penggemar anime di Jepang maupun worldwide, yaitu Naruto, One Piece, dan Captain Tsubasa. Naruto menceritakan tentang seorang ninja yang bernama Uzumaki Naruto dari Konohagakure, dimana Naruto memiliki mimpi untuk menjadi seorang Hokage (sebutan untuk pemimpin para ninja di desa Konohagakure) dan untuk menciptakan perdamaian antar ninja. Kemudian, One Piece, yang menggambarkan perjalanan Monkey D. Luffy dalam menggapai impiannya untuk menemukan kru bajak laut yang hebat, menjadi raja bajak laut, dan menemukan harta karun legendaris yang disebut One Piece. Sedangkan Captain Tsubasa, bercerita tentang Tsubasa Ozora, seorang anak laki-laki yang gemar sekali bermain sepak bola dan memiliki impian untuk membawa tim nasional sepak bola Jepang ke dalam kancah Piala Dunia dan menjadi juara Piala Dunia.

 
One Piece

 
Naruto

 
Captain Tsubasa

Ketiga anime tersebut, memiliki alur cerita yang berbeda-beda dan masing-masing memiliki karakter yang kuat. Meskipun demikian, terdapat benang merah atas ide dasar dan pesan dari ketiga cerita anime tersebut. Masashi Kishimoto, Eiichiro Oda, dan Takahashi Yoichi, pengarang dari masing-masing anime tersebut berupaya untuk memvisualisasaikan nilai-nilai Jepang juga sekaligus memberikan sebuah pesan agar orang tidak takut untuk bermimpi, terlebih lagi tidak takut untuk mewujudkan mimpinya. Baik Naruto, One Piece, dan Captain Tsubasa, ketiganya menceritakan perjalanan seseorang from zero to hero, masing-masing karakter utama memiliki mimpi yang sebenarnya mustahil untuk diwujudkan, akan tetapi mereka dengan usaha keras dan keyakinan mengatasi setiap permasalahan dan hambatan yang ada dan tetap berupaya untuk mewujudkan mimpi-mimpi mereka.

Secara tidak langsung, anime yang pada dasarnya merupakan suatu bentuk hiburan, pada era kontemporer telah bertransformasi menjadi suatu industri bisnis yang sangat menguntungkan dan juga menjadi media untuk memvisualisasikan nilai-nilai dan budaya Jepang secara imajinatif, agar dapat lebih diterima lebih luas.

Sumber : http://www.jpf.or.id/

Senin, 18 Februari 2013

"Perayaan Musim Gugur"

Musim gugur atau aki adalah musim yang ditunggu-tunggu oleh orang-orang di Jepang. Musim gugur adalah musimnya festival, dimana banyak sekali festival yang diselenggarakan di musim ini. Tak heran jika orang jepang menyebut musim gugur sebagai musim yang ditunggu-tunggu oleh mereka. Musim gugur yang jangka waktunya relatif panjang berkat bujur geografisnya yang memanjang dari utara ke selatan membuat orang-orang di Jepang bisa menikmati anugerah keindahan musim gugur ini.

 
Indahnya suasana musim gugur di Jepang

Perayaan musim gugur banyak dilakukan pada bulan Oktober, namun ada daerah yang mengedakannya pada bulan September atau November. Perayaan musim gugur merupakan perayaan tanda terima kasih atas banyaknya panen yang diperoleh. Oleh karena itu, padi dipersembahkan kepada dewa atau disebarkan di depan kuil. Banyak pula daerah yang mengeluarkan omikoshi. Omikoshi adalah kuil-kuil mini yang dipikul bersama-sama.

 
Omikoshi

Anak-anak muda memikul omikoshi seirama menapaki jalan sambil berteriak dengan suara keras, "Wasshoi!, Wasshoi!". Dalam lingkungan kuil bermacam-macam warung kecil didirikan. Anak-anak bergembira membeli dagashi (kue manis dan murah yang terbuat dari tepung terigu, padi-padian, dll) dan main di sana.

 
Suasana saat memikul omikoshi

 
Dagashi 

Bagaimana ? Sangat menarik bukan? Tentunya pasti akan membuat kita jadi ingin ke Jepang untuk menikmati indahnya suasana saat musim gugur dan perayaan-perayaan yang diselenggarakan di sana.

Semoga bermanfaat!! :)

Senin, 11 Februari 2013

"Olahraga yang Populer di Jepang"

Jika ada yang menanyakan kepada orang Jepang, "Olahraga apa yang paling populer dikalangan orang Jepang?". Mungkin Anda akan menebak bahwa orang Jepang akan menjawab sumo. Teapi jawaban mereka bukanlah sumo seperti perkiraan Anda melainkan sepak bola dan baseball. Pertandingan sumo yang ditayangkan langsung setiap hari selama masa kompetisi memang dinikmati oleh kebanyakan orang Jepang, tetapi baseball lebih tenar dibandingkan sumo.

Olahraga Baseball

Baseball atau yang dalam bahasa Jepangnya lebih dikenal dengan yakyuu sudah mulai digemari oleh seluruh kalangan masyarakat Jepang sebelum Perang Dunia II. Pertandingan baseball nasional tingkat SLTA yang diselenggarakan setiap tahun merupakan salah satu acara yang paling dinanti selama musim panas di Jepang. Pertandingan diikuti oleh 49 tim, setiap perfektur mengirimkan satu tim terbaiknya (kecuali Tokyo dan Hokaido mengirimkan 2 tim). Tim-tim unggulan tersebut merupakan hasil saringan tim-tim sekolah yang ada di perfektur yang bersangkutan. Menjadi pemain baseball profesonal merupakan salah satu cita-cita anak-anak Jepang. Terlebih lagi setalah ada pemain Jepang yang bermain untuk liga-liga besar Amerika seperti Matsui Hideki dan Ichiro.

Tidak sama dengan baseball yang sudah mendapat tempat dihati orang Jepang sejhak puluhan tahun lalu, sepak bola baru mulai mendapat perhatian masyarakat Jepang pada tahun 1993 sejak dibentuknya Liga Pro sepak bola Jepang atau lebih dikenal dengan J-League. Terlebih lagi setalah Jepang mengikuti World Cup (Piala Dunia) untuk pertama kalinya pada tahun 1998. Sampai-sampai ada yang rela membeli mobil karena hadiahnya adalah tiket untuk menonton pertandingan sepak bola. Demam sepak bola dikalangan masyarakat Jepang makin meluas saat berlangsungnya Piala Dunia 2002 yang dilaksanakan di Jepang dan Korea. Pemain sepak bola Jepang seperti halnya pemain baseball juga aktif dalam kacah persepakbolaan dunia seperti Nakata Hidetoshi dan Nakamura Shunsuke. Ada lagi Inamoto Junichi, pesepak bola muda berbakat yang menjadi pemain sensasional saat Piala Dunia 2002 tesebut.

Aksi pesepakbola Jepang di Piala Dunia 2002

Selain sepak bola dan baseball yang merupakan olahraga modern, beberapa olahraga beladiri tradisional Jepang juga masih populer dikalangan masyarakat. Turnamen sumo yang disiarkan di televisi, termasuk tontonan yang ditunggu-tunggu. Kendo, judo, karate, dan aikido juga merupakan olahraga tradisioal favorit yang ditekuni anak-anak muda Jepang melalui perkumpulan di sekolah ataupun di tempat-tempat latihan yang disebut doujyou. Salah satu pejudo Jepang Hideko yang meraih medali emas di pertandingan judo Olimpiade Barcelona dan Tani Ryoko yang mendapat dua medali emas di Olimpiade Sidney dan Athena.  

 
Olahraga Sumo

 
Saat pesumo berlatih di doujyou
 
Semoga bermanfaat!!

Rabu, 06 Februari 2013

"Perayaan Ganjitsu"

Ganjitsu merupakan awal dimulainya tahun baru yaitu pada tanggal 1 januari (dini hari), sedangkan pada pagi harinya sering disebut dengan istilah gantan (元旦) yang artinya pagi pertama di awal tahun. 

Pada malam tahun baru ini ada tradisi memakan soba yang disebut toshikoshi soba (年越しそば ). Stasiun televisi di Jepang, NHK, mempunyai tradisi menayangkan acara Kohaku Uta Gassen, berupa kompetisi lagu antar penyanyi terkenal yang dibagi menjadi kubu merah dan kubu putih. Menjelang pukul 12 malam, genta yang terdapat di berbagai kuil agama Buddha di Jepang dibunyikan. Tradisi memukul genta menjelang pergantian tahun disebut joya no kane (除夜の鐘). Genta dibunyikan sebanyak 108 kali sebagai perlambang 108 jenis nafsu jahat manusia yang harus dihalau.

Penutupan perayaan tahun baru ditandai dengan memakan bubur nanakusa yang dimasak dengan 7 jenis sayuran dan rumput. Biasanya orang-orang memakan bubur ini sejak tanggal 7 hingga 15 Januari. Tujuannya agar perut bisa beristirahat setelah dipenuhi makanan tahun baru. Acara menumbuk mochi (mochitsuki) merupakan salah satu tradisi menjelang tahun baru. Ketan yang sudah ditanak dimasukkan ke dalam lesung dan ditumbuk dengan alu. Satu orang bertugas menumbuk, sedangkan seorang lagi bertugas membolak-balik beras ketan dengan tangan yang sudah dibasahi air. Beras ketan ditumbuk hingga lengket dan membentuk gumpalan besar mochi berwarna putih. Selain dimakan sebagai pengganti nasi selama tahun baru, mochi juga dibuat hiasan tahun baru yang disebut kagami mochi. Secara tradisional, kagami mochi dibuat dengan cara menyusun dua buah mochi berukuran bundar, ditambah sebuah jeruk di atasnya sebagai hiasan. 

 
Kue mochi

Pada hari tahun baru orang-orang mengucapkan akemashite omedetou gozaimasu (明けまして おめでとう ございます) yang artinya selamat tahun baru . Perayaan ini biasanya dilewati dengan mengenakan kimono atau pakaian yang indah dan pergi ke kuil atau biara.

   
Suasana saat akan masuk ke kuil.

Pada perayaan ini pula banyak kartu tahun baru yang datang ke rumah. Selain itu  Senang rasanya membaca kartu tahun baru yang datang dari sobat lama atau baru.


 
Motif kartu tahun baru
 
Pada tahun baru juga, di depan rumah-rumah juga sering terlihat dekorasi bambu, daun pinus, pita, maupun pernak-pernik lainnya. Ternyata pada hari-H (1 Januari), anak-anak di Jepang juga mendapatkan お年玉 (otoshidama), mirip angpao kalau di Indonesia. Cuma, otoshidama ini biasanya memiliki hiasan/ desain yang beraneka ragam. Penulis merasa penasaran dan mencoba mengorek info dari teman satu Lab berapa besar otoshidama yang ia terima waktu masih anak-anak. Ternyata anak-anak SD sampai SMP biasa mendapatkan 3000 atau 5000 yen (kurs 1 yen saat ini sekitar Rp.100,-). Sewaktu SMA ia menerima 10 ribu yen dan bahkan pernah 20 ribu yen waktu awal-awal masuk kuliah.


  
Otoshidama